Pada tanggal 26-30 November 2014, saya
mendatangi salah satu acara yang memang selalu diselenggarakan pada setiap
tahunnya sejak tahun 2008, yaitu Pameran CRAFINA 2014. CRAFINA sendiri
singkatan dari Resources of Indonesian Craft. Pameran ini
diadakan di Hall A dan hall B,
serta Lobby - Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) yang berada di
daerah Senayan, Jakarta.
Pameran ini merupakan pameran kerajinan
yang berunsurkan sumber daya alam yang didesain sesuai trend maupun lifestyle
masa kini, serta diminati masyarakat luas.
CRAFINA
merupakan wadah guna mencapai peluang-peluang yang ada, yaitu sebagai sarana
promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia untuk memperkenalkan dan
memasarkan hasil-hasil kerajinan Indonesia, dengan mengedepankan keaslian
produk, keunikan budaya dan keindahan yang selalu menarik perhatian masyarakat
untuk mendukung perkembangan dan eksistensi produk kerajinan Indonesia serta
sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi perajin, pengusaha, produsen
craft Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas.
Pameran CRAFINA 2014 merupakan pameran
kerajinan yang berunsurkan tanah, kayu, batu dan logam, di desain sesuai trend
masa kini dan life style sehingga menghasilkan produk-produk unggulan yang
sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia & mancanegara.
Berikut
Profile dari Pameran tersebut.
Nama
Pameran : CRAFINA 2014
Tanggal : 26 - 30 November 2014
Tempat : Hall A, B & Lobby, Balai Sidang JCC
Luas
Lahan Pameran : +
14.000 m2
Penyelenggara :
Association of Exporters and Producers of
Handicraft of Indonesia (ASEPHI)
Pelaksana : PT. Mediatama Binakreasi
Pengunjung :
Eksportir,
Pedagang, Pengumpul (Collector),
Pemerhati, dan Pengunjung Umum
Program : Demo Produk, Musik Akustik dan Fashion Show
Maksud
& Tujuan :
Untuk
mengakomodir para calon peserta yang belum mendapat kesempatan ikut Inacraft maupun
peserta dari Pameran Inacraft yang menginginkan adanya pameran sejenis Inacraft
kedua untuk menampilkan karya-karya mereka. Selain itu pameran ini bertujuan
agar para UKM yang masih baru dapat belajar berpameran serta dapat memperluas
area pemasaran produknya. Dan juga pameran ini menjadi pameran penutup
kerajinan di tahun 2014 bagi para UKM.
Sasaran
•
Memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan luar negeri dalam rangka meningkatkan
ekspor Indonesia di pasar internasional. Hal ini dapat membantu meningkatkan
sektor perekonomian nasional yang berbasis pada kemandirian dan ketangguhan
usaha sektor UKM.
•
Mewujudkan UKM yang tangguh dan mandiri yang mampu menghasilkan produk-produk
yang berkualitas tinggi sehingga bisa menjadi komoditi untuk diperdagangkan
baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka tahun ekonomi
kreatif yang dicanangkan oleh pemerintah.
Dalam
acara ini, salah satu Paman saya turut serta untuk mengisi salah satu stand
yang ada disana, karena memang kebetulan Paman saya adalah salah seorang
pengusaha yang bergerak dibidang kerjaninan tangan, khususnya kerajinan tangan
jawa. Kerajinan tersebut berupa wayang, dompet dan kipas bermotif batik, figura
wayang, pajangan, dan lain-lain yang berunsur jawa.
Itulah
sedikit pengalaman dan informasi yang dapat saya sampaikan J
0 komentar:
Posting Komentar