Pages

Kamis, 04 Desember 2014

PAMERAN CRAFINA 2014


   Pada tanggal 26-30 November 2014, saya mendatangi salah satu acara yang memang selalu diselenggarakan pada setiap tahunnya sejak tahun 2008, yaitu Pameran CRAFINA 2014. CRAFINA sendiri singkatan dari Resources of Indonesian Craft. Pameran  ini  diadakan di  Hall A dan hall B, serta Lobby - Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) yang berada di daerah Senayan, Jakarta.

    Pameran ini merupakan pameran kerajinan yang berunsurkan sumber daya alam yang didesain sesuai trend maupun lifestyle masa kini, serta diminati masyarakat luas.

CRAFINA merupakan wadah guna mencapai peluang-peluang yang ada, yaitu sebagai sarana promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan hasil-hasil kerajinan Indonesia, dengan mengedepankan keaslian produk, keunikan budaya dan keindahan yang selalu menarik perhatian masyarakat untuk mendukung perkembangan dan eksistensi produk kerajinan Indonesia serta sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi perajin, pengusaha, produsen craft Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas.


      Pameran CRAFINA 2014 merupakan pameran kerajinan yang berunsurkan tanah, kayu, batu dan logam, di desain sesuai trend masa kini dan life style sehingga menghasilkan produk-produk unggulan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia & mancanegara.



Berikut Profile dari Pameran tersebut.
Nama Pameran                  :   CRAFINA 2014
Tanggal                             :   26 - 30 November 2014
Tempat                              :   Hall A, B & Lobby, Balai Sidang JCC
Luas Lahan Pameran        :  + 14.000 m2
Penyelenggara                  : 
 Association of Exporters and Producers of Handicraft of Indonesia (ASEPHI)
Pelaksana                          :    PT. Mediatama Binakreasi
Pengunjung                       :   
Eksportir, Pedagang, Pengumpul   (Collector), Pemerhati, dan Pengunjung Umum
Program                             :   Demo Produk, Musik Akustik dan Fashion Show

Maksud & Tujuan              :

Untuk mengakomodir para calon peserta yang belum mendapat kesempatan ikut Inacraft maupun peserta dari Pameran Inacraft yang menginginkan adanya pameran sejenis Inacraft kedua untuk menampilkan karya-karya mereka. Selain itu pameran ini bertujuan agar para UKM yang masih baru dapat belajar berpameran serta dapat memperluas area pemasaran produknya. Dan juga pameran ini menjadi pameran penutup kerajinan di tahun 2014 bagi para UKM.


Sasaran

• Memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan luar negeri dalam rangka meningkatkan ekspor Indonesia di pasar internasional. Hal ini dapat membantu meningkatkan sektor perekonomian nasional yang berbasis pada kemandirian dan ketangguhan usaha sektor UKM.

• Mewujudkan UKM yang tangguh dan mandiri yang mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi sehingga bisa menjadi komoditi untuk diperdagangkan baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka tahun ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh pemerintah.

Dalam acara ini, salah satu Paman saya turut serta untuk mengisi salah satu stand yang ada disana, karena memang kebetulan Paman saya adalah salah seorang pengusaha yang bergerak dibidang kerjaninan tangan, khususnya kerajinan tangan jawa. Kerajinan tersebut berupa wayang, dompet dan kipas bermotif batik, figura wayang, pajangan, dan lain-lain yang berunsur jawa.


Itulah sedikit pengalaman dan informasi yang dapat saya sampaikan J

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Student's Blog. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger