Pages

Sabtu, 24 Januari 2015

Laporan Keuangan Koperasi

Setiap badan usaha ataupun perbankan dan badan keuangan lainnya pasti memiliki Pelaporan Keuangan. Laporan keuangan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan. Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen, atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Laporan keuangan koperasi yang disusun berdasarkan PSAK, akan membuat informasi yang disajikan menjadi lebih mudah dipahami, mempunyai relevansi, keandalan, dan mempunyai daya banding yang tinggi. Sebaliknya jika laporan keuangan koperasi disusun tidak berdasarkan standar dan prinsip yang berlaku, dapat menyesatkan penggunanya.

Pelaporan Keuangan Koperasi
Setelah tahun buku Koperasi ditutup, paling lambat 1 (satu) bulan sebelum  diselengggarakan rapat anggota tahunan, Pengurus menyusun laporan keuangan tahunan yang memuat sekurang-kurangnya :
  1. Perhitungan tahunan yang terdiri dari neraca akhir tahun buku yang baru lampau dan perhitungan hasil usaha dari tahun yang bersangkutan serta penjelasan atas dokumen tersebut.
  2. Keadaan dan usaha koperasi serta hasil usaha yang dapat dicapai.
Laporan keuangan tersebut harus ditandatangani oleh semua anggota pengurus. Apabila salah seorang pengurus tidak menandatangani laporan tahunan tersebut, anggota yang bersangkutan harus menjelaskan alasannya secara tertulis. Persetujuan terhadap laporan tahunan termasuk pengesahan perhitungan tahunan merupakan penerimaan pertanggungjawaban pengurus oleh rapat anggota.
Bentuk dan format laporan keuangan koperasi telah diatur oleh Ikatan Akuntan   Indonesia (IAI) dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomor 27 tentang Akuntansi Perkoperasian (Revisi 1998), sebagai berikut :
Laporan keuangan Koperasi meliputi :
  1. Neraca
  2. Perhitungan Hasil Usaha
  3. Laporan Arus Kas
  4. Laporan Promosi Ekonomi Anggota
  5. Catatan atas Laporan Keuangan
Neraca                                        
Neraca menyajikan informasi mengenai aktiva, kewajiban, dan ekuitas koperasi pada waktu tertentu. Format neraca lihat contoh pada akhir materi.
Aktiva yang diperoleh dari sumbangan yang terikat penggunaannya dan tidak dapat dijual untuk menutup kerugian koperasi diakui sebagai aktiva lain-lain. Sifat keterikatan penggunaan tersebut dijelaskan dalam catatan laporan keuangan. Aktiva-aktiva yang dikelola oleh koperasi tetapi bukan milik koperasi, tidak diakui sebagai aktiva, dan harus dijelaskan dalam catatan atas laporan keuangan.

Berikut ini saya tampilkan contoh dari Laporan Koperasi

CONTOH LAPORAN KEUANGAN KOPERASI
LAPORAN KEUANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM

NERACA
PER 31 DESEMBER 2010


AKTIVA

AKTIVA LANCAR                                                     ( Rp )
Kas                                                                  55.362.907
Bank DKI Syariah                                             257.422.902
Piutang Usaha                                                              9.261.308.239
Penyisihan piutang                                          (245.733.996)

Jumlah Harta Lancar                                                                 9.328.360.052

PENYERTAAN
Saham Bank BKE                                                         39.000.000
Takop BKE                                                                   167.225.197

Jumlah Penyertaan                                                                  206.225.197 
AKTIVA TETAP
Nilai Perolehan Harta Tetap                              722.341.749
Akumulasi Penyusutan                                    (58.273.300)

Nilai Buku                                                                                664.068.449
TOTAL HARTA                                                                                                                  10.198.653.698


PASIVA

KEWAJIBAN JANGKA PENDEK                       ( Rp )
Simpanan Sukarela                                          890.290.462
Beban yg Masih Harus Dibayar                         4.000.000

Jumlah Kewajiban Jk. Pendek                                                  894.290.462

KEWAJIBAN JANGKA PANJANG
Hutang Bank DKI Syariah                                             3.279.902.777
Hutang Bank BKE                                             3.218.829.625

Jumlah Hutang Jangka Panjang                                               6.498.732.402

MODAL SENDIRI
Modal disetor                                                   15.000.000
Modal tetap tambahan                                      2.157.206.329
Cadangan                                                         254.584.377
SHU tahun berjalan                                                      378.840.128

Jumlah Modal Sendiri                                                                          2.805.630.834

TOTAL PASIVA                                                                                                     10.198.653.698





PERHITUNGAN HASIL USAHA UNIT USAHA SIMPAN PINJAM
PER 31 DESEMBER 2010


PENDAPATAN
                                                                     (Rp)
Jasa Pinjaman Unit Simpan Pinjam                 1.587.549.907
Provisi Pinjaman Simpan Pinjam                    236.207.261
Pendapatan Administrasi Pinjaman                 86.512.500
Jasa Giro Rp 6.225.197

TOTAL HASIL USAHA KOTOR                                                                         1.916.494.865

BEBAN- BEBAN

BIAYA OPERASIONAL
                                                                        (Rp)
Biaya Bunga Pinjaman                                     606.071.797
Beban Provisi Pinjaman                                   70.000.000
Beban Administrasi & Asuransi Ruko               28.765.000
Transportasi Karyawan/Belanja barang            11.900.000
Biaya Gaji Karyawan                                                    176.000.000
Beban Lembur Karyawan                                 3.000.000
Biaya Penagihan Piutang                                 60.020.800
Biaya Premi kehadiran Karyawan                     13.175.000
Beban Operasional Kendaraan                         1.000.000


BIAYA UMUM DAN ADMINISTRASI
                                                                     (Rp)
Pemakaian ATK                                                            17.002.793
Rekening Telepon                                            2.280.160
Pemeliharaan Komputer                                   2.105.000
Pemeliharaan AC                                             380.000
Beban Pemeliharaan Kendaraan                       8.354.304
Beban penyusutan inventaris computer           5.145.000
Beban penyusutan Inventaris Kantor                4.153.300
Beban Penyisihan Piutang Tak tertagih            92.558.782
Beban Bonus Manager                                     30.308.769
Beban Perizinan                                               480.000
Beban Seragam Karyawan                                3.000.000
Rekening Listrik                                                           16.001.296
Beban Penyusutan inventaris Kend.                 12.115.000

BEBAN ORGANISASI
                                                                  (Rp)
Biaya Audit                                                                  8.000.000
Bingkisan Lebaran Anggota                             252.382.000
Rapat Anggota Tahuanan ( RAT)          57.635.400
Honor Pengawas                                              23.200.000
THR Pengawas                                                             3.000.000
Transport Pengawas                                                    4.700.000




BEBAN PAJAK
                                                                 (Rp)
Pajak PPH Pasal 29                                          24.040.711
Pajak PPH Pasal 21                                          879.625
JUMLAH TOTAL BEBAN-BEBAN                                                                         ( 1.537.654.737)
SISA HASIL USAHA                                                                                                    378.840.128


LAPORAN PERUBAHAN MODAL
PER 31 DESEMBER 2010

MODAL
(Rp)
Modal awal                                           15.000.000
Modal tetap tambahan                          2.157.206.329
Cadangan                                            254.584.377
SHU tahun berjalan                             378.840.128
Jumlah Modal                                                                              2.805.630.834

SHU                                                                                                        378.840.128

source:



http://xxxqori.blogspot.com/2013/12/bentuk-laporan-keuangan-dalam-koperasi.html#.VHW3K5SSyDA

Selasa, 13 Januari 2015

“Thomas” Versi Indonesia (Commuter Line)

   Kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman saya mengenai
“Thomas” (panggilan saya untuk kereta commuter Line) atau yang biasa disebut dengan sebutan KRL atau Kereta Commuter Line.
Entah kapan tepatnya saya mulai menggunakan kereta Commuter Line sebagai salah satu alternatif transportasi saya untuk pergi kuliah.

Pada awal kuliah, saya selalu menggunakan motor sebagai alat transportasi menuju kampus, tapi setelah salah satu teman saya, yaitu Ulvi mengajak saya untuk menggunakan kereta Commuter Line saya sempat berpikir sejenak, karena menurut para teman atau tetangga saya yang juga menjadi penumpang kereta Commuter Line, mereka mengatakan bahwa terkadang di jam-jam tertentu kereta Commuter Line sangatlah padat dan terkadang jadwal keberangkatannya pun sering terlambat.

Namun sepertinya tidak seburuk yang saya bayangkan. Setelah berpikir sejenak akhirnya saya memutuskan untuk ikut dengan Ulvi untuk pulang dengan menggunakan kereta Commuter Line. Ya memang benar, kereta Commuter Line yang saya tumpangi saat itu memang cukup padat. Mungkin karena memang bertepatan dengan waktu pulang kantor dan juga waktu pulang sekolah maupun kuliah.

Kereta Commuter Line ini melayani rute Jabodetabek, diantaranya rute Jakarta Kota – Bogor, Parung Panjang – Tanah Abang, Tangerang – Duri, Jatinegara – Bogor, Bekasi – Jakarta Kota dan masih ada beberapa rute lainnya.

Menurut saya pelayanan yang diberikan dalam kereta Commuter Line sudah cukup baik meskipun belum maksimal. Dalam kereta Commuter Line sudah terdapat pendingin ruangan (AC), rak untuk menyimpan barang, dan juga kursi prioritas yang di tujukan untuk wanita hamil, ibu membawa balita, penyandang cacat, dan juga manusia lanjut usia, hal yang paling saya senangi dari fasilitas yang diberikan oleh kereta Commuter Line adalah terdapatnya gerbong kereta yang diperuntukan khusus wanita. Gerbong tersebut hanya terdapat 2 gerbong, yaitu di gerbong pertama kereta dan juga digerbong akhir kereta. Hal tersebut cukup membuat para wanita merasa aman untuk menggunakan kereta Commuter Line, karena mereka tidak perlu takut untuk berdesakan di tengah-tengah para pria, ya meskipun gerbong tersebut tidak dapat menampung semua penumpang wanita kereta Commuter Line, tapi hal ini setidaknya dapat membantu.

Dan perlu kalian ketahui juga, bahwa saat ini kereta Commuter Line telah menggunakan pintu masuk elektronik (Electronic Gate) dan juga telah diberlakukan sistem E-ticketing untuk seluruh rute Commuter Line.

Harga tiket tersebut cukup murah yaitu, untuk lima stasiun pertama hanya Rp 2.000 sedangkan untuk setiap tiga stasiun berikutnya, tarifnya sebesar Rp 500. Tarif yang saya keluarkan untuk dapat menggunakan kereta Commuter Line cukup murah yaitu Rp 4.000 (dari Stasiun Universitas Indonesia – Stasiun Sudimara), dan lama perjalan sekitar 90 menit, karena setelah naik kereta rute Bogor – Jatinegara dari Stasiun Universitas Indonesia, saya harus transit terlebih dahulu di Stasiun Tanah Abang dan kereta tersebut berhenti di peron 2, kemudian saya berjalan ke peron 5 atau 6 untuk menunggu kereta jurusan Parung Panjang , Serpong, ataupun Maja untuk sampai di stasiun terdekat dengan rumah saya, yaitu Stasiun Sudimara. Ketiga rute tersebut (Parung Panjang , Serpong, ataupun Maja) pasti melalui Stasiun Sudimara, jadi saya bisa menggunakan salah satu rute tersebut untuk sampai di Stasiun Sudimara.

Berikut ini ada beberapa foto yang berkaitan dengan kereta Commuter Line, check it out!

(Sebelum naik kereta commuter Line jangan lupa membeli tiket ya)


(kalau kereta commuter Line lagi sepi, kalian bisalah berfoto-ria kaya gini)


(Begini nih kondisi di dalam kereta commuter Line kalau lagi ramai)

(Rute Kereta commuter Line Jabodetabek)





(Ini nih peringatan untuk penumpang tentang Kursi Prioritas di dalam Kereta Commuter Line)

Jika kalian ingin info lebih lengkap mengenai kereta Commuter Line, kalian bisa buka website resmi mereka di http://www.krl.co.id/. Sekian dulu ya cerita tentang pengalaman saya menggunakan Kereta Commuter Line hihihi...




Kamis, 18 Desember 2014

Mengenal Apakah OJK itu?

Pengertian Otoritas Jasa Keuangan 



    Otoritas Jasa Keuangan  adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU nomor 21 tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK didirikan untuk menggantikan peranBapepam-LK dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, dan menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan.

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav 71-73, Jakarta. Tujuan dibentuknya OJK adalah agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan dapat terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel. Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan  dan stabil. Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Apakah tugas pengaturan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh OJK ?

OJK mempunyai tugas pengaturan dan pengawasan sebagai berikut :
1.  kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan;
2.  kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal; dan
3.  kegiatan jasa keuangan di sektor perasuransian, dana pensiun, lembaga
     pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Untuk melaksanakan tugas pengaturan, OJK mempunyai wewenang:

1.   Menetapkan peraturan pelaksanaan Undang-Undang ini;
2.   Menetapkan peraturan perundang-undangan di sektor
      jasa keuangan;
3.   Menetapkan peraturan dan keputusan OJK;
4.   Menetapkan peraturan mengenai pengawasan di sektor 
      jasa keuangan;
5.   Menetapkan kebijakan mengenai pelaksanaan tugas OJK;
6.   Menetapkan peraturan mengenai tata cara penetapan perintah
      tertulis terhadap Lembaga Jasa Keuangan dan pihak tertentu;
7.   Menetapkan peraturan mengenai tata cara penetapan pengelola
      statuter pada Lembaga Jasa Keuangan;
8.   Menetapkan struktur organisasi dan infrastruktur, serta mengelola,
      memelihara, dan menatausahakan kekayaan dan kewajiban; dan
9.   Menetapkan peraturan mengenai tata cara pengenaan sanksi sesuai
      dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor
      jasa keuangan.

Untuk melaksanakan tugas pengawasan, OJK mempunyai wewenang:
1.   Menetapkan kebijakan operasional pengawasan terhadap kegiatan
      jasa keuangan;
2.   Mengawasi pelaksanaan tugas pengawasan yang dilaksanakan oleh
      Kepala Eksekutif;
3.   Melakukan pengawasan, pemeriksaan, penyidikan, perlindungan
      Konsumen, dan tindakan lain terhadap Lembaga Jasa Keuangan,
      pelaku, dan/atau penunjang kegiatan jasa keuangan sebagaimana
      dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan;
4.   Memberikan perintah tertulis kepada Lembaga Jasa Keuangan
      dan/atau pihak tertentu;
5.   Melakukan penunjukan pengelola statuter;
6.   Menetapkan penggunaan pengelola statuter;
7.   Menetapkan sanksi administratif terhadap pihak yang melakukan
      pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di sektor jasa
      keuangan; dan
8.   Memberikan dan/atau mencabut:
      a. izin usaha;
      b. izin orang perseorangan;
      c. efektifnya pernyataan pendaftaran;
      d. surat tanda terdaftar;
      e. persetujuan melakukan kegiatan usaha;
      f. pengesahan;
      g. persetujuan atau penetapan pembubaran; dan
      h. penetapan lain, sebagaimana dimaksud dalam peraturan
          perundang-undangan di sektor jasa keuangan.


Pengawasan koperasi oleh OJK

    Telah dijelaskan diatas bahwa tugas OJK adalah melaksanakan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan disektor perbankan, sektor pasar modal, dan sektor perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan dan lembaga jasa keuangan lainnya. Namun pada sampai saat ini, koperasi belum termasuk kedalam pengawasan yang dilakukan oleh OJK.

Selama ini pengawasan terhadap lembaga simpan pinjam ini hanya dilakukan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang membawahi koperasi, sehingga kurang optimal. Dengan keberadaan OJK, diharapkan agar pengawasan terhadap koperasi akan makin efektif.



Untuk pengawasan koperasi simpan pinjam, OJK masih menunggu pemberlakuan Undang-undang Nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, yang akan efektif pada 2015. Untuk pengawasan sejumlah lembaga keuangan perbankan dan nonperbankan pengawasan OJK sudah dimulai sejak Januari 2014. Pengawasan terhadap koperasi di undang-undang LKM akan ada dan tentu akan terus diperkuat oleh para pengurus.

Kamis, 04 Desember 2014

PAMERAN CRAFINA 2014


   Pada tanggal 26-30 November 2014, saya mendatangi salah satu acara yang memang selalu diselenggarakan pada setiap tahunnya sejak tahun 2008, yaitu Pameran CRAFINA 2014. CRAFINA sendiri singkatan dari Resources of Indonesian Craft. Pameran  ini  diadakan di  Hall A dan hall B, serta Lobby - Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) yang berada di daerah Senayan, Jakarta.

    Pameran ini merupakan pameran kerajinan yang berunsurkan sumber daya alam yang didesain sesuai trend maupun lifestyle masa kini, serta diminati masyarakat luas.

CRAFINA merupakan wadah guna mencapai peluang-peluang yang ada, yaitu sebagai sarana promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan hasil-hasil kerajinan Indonesia, dengan mengedepankan keaslian produk, keunikan budaya dan keindahan yang selalu menarik perhatian masyarakat untuk mendukung perkembangan dan eksistensi produk kerajinan Indonesia serta sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi perajin, pengusaha, produsen craft Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas.


      Pameran CRAFINA 2014 merupakan pameran kerajinan yang berunsurkan tanah, kayu, batu dan logam, di desain sesuai trend masa kini dan life style sehingga menghasilkan produk-produk unggulan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia & mancanegara.



Berikut Profile dari Pameran tersebut.
Nama Pameran                  :   CRAFINA 2014
Tanggal                             :   26 - 30 November 2014
Tempat                              :   Hall A, B & Lobby, Balai Sidang JCC
Luas Lahan Pameran        :  + 14.000 m2
Penyelenggara                  : 
 Association of Exporters and Producers of Handicraft of Indonesia (ASEPHI)
Pelaksana                          :    PT. Mediatama Binakreasi
Pengunjung                       :   
Eksportir, Pedagang, Pengumpul   (Collector), Pemerhati, dan Pengunjung Umum
Program                             :   Demo Produk, Musik Akustik dan Fashion Show

Maksud & Tujuan              :

Untuk mengakomodir para calon peserta yang belum mendapat kesempatan ikut Inacraft maupun peserta dari Pameran Inacraft yang menginginkan adanya pameran sejenis Inacraft kedua untuk menampilkan karya-karya mereka. Selain itu pameran ini bertujuan agar para UKM yang masih baru dapat belajar berpameran serta dapat memperluas area pemasaran produknya. Dan juga pameran ini menjadi pameran penutup kerajinan di tahun 2014 bagi para UKM.


Sasaran

• Memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan luar negeri dalam rangka meningkatkan ekspor Indonesia di pasar internasional. Hal ini dapat membantu meningkatkan sektor perekonomian nasional yang berbasis pada kemandirian dan ketangguhan usaha sektor UKM.

• Mewujudkan UKM yang tangguh dan mandiri yang mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi sehingga bisa menjadi komoditi untuk diperdagangkan baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka tahun ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh pemerintah.

Dalam acara ini, salah satu Paman saya turut serta untuk mengisi salah satu stand yang ada disana, karena memang kebetulan Paman saya adalah salah seorang pengusaha yang bergerak dibidang kerjaninan tangan, khususnya kerajinan tangan jawa. Kerajinan tersebut berupa wayang, dompet dan kipas bermotif batik, figura wayang, pajangan, dan lain-lain yang berunsur jawa.


Itulah sedikit pengalaman dan informasi yang dapat saya sampaikan J

Mengenal Salah Satu Koperasi Simpan Pinjam Di Tangerang Selatan

Kospin Sumber Rizki adalah Koperasi Simpan Pinjam Modern yang lahir atas dasar Visi dan Misi untuk memajukan perekonomian masyarakat Indonesia. Kospin Sumber Rizki ini bertempat di Jalan Dr. Setiabudi no: 26 / Blok E, Pamulang, Tangerang Selatan.Kospin Sumber Rizki mempunyai komitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan standard pelayanan dan sistem kerja yang setara dengan perbankan.

Kospin Sumber Rizki memahami bahwa saat ini kecepatan dan fleksibilitas dalam pembiayaan modal kerja adalah hal yang penting bagi masyarakat dan hal inilah yang mengantarkan perusahaan koperasi ini  terus berkembang  menjadi salah satu Koperasi terbaik di Indonesia .

Kospin Sumber Rizki ini mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut :

VISI
“Menjadi Koperasi Terbaik Nomor 1 di daerah dan Nasional”

MISI

1.     Kospin Sumber Rizki bekerja secara “PROAKTIF” // Profesional // Antusias // Kompak dan Kreatif  untuk memberikan keuntungan kepada setiap Individu, perusahaan dan StakeHolder.
2.     Kospin Sumber Rizki memberikan jasa simpan pinjam kepada nasabah yang jujur // disiplin // dan bertanggung jawab untuk keperluan konsumsi dan usaha yang produktif.
3.     Kospin Sumber Rizki melayanani dengan cepat // Aman // ramah // serta didukung oleh bunga kompetitif, produk inovatif dan  jaringan terluas.
4.     Kospin Sumber Rizki membantu meningkatkan kesejahteraan setiap individu dan anggotanya.


Layanan yang diberikan oleh Kospin Sumber Rizki , yaitu :

AMAN

Lembaga keuangan kami dikelola secara professional dan terdaftar dalam surat keputusan menteri No : 518/64/BH/XI.08/Kop.ukm.


CEPAT

Kami siap memproses pengajuan kredit Anda dalam waktu yang sangat singkat dibandingkan lembaga keuangan pada umumnya.


MUDAH

Pinjaman dapat di Top-Up, diperpanjang atau diubah jenis produknya dengan mudah tanpa harus melewati proses yang berbelit-belit.


FLEKSIBLE


Pinjaman dapat di Top-Up, diperpanjang atau diubah jenis produknya dengan mudah tanpa harus melewati proses yang berbelit-belit.

Credit Union (Koperasi Kredit)

Credit Union.

Credit Union (CU) atau Koperasi Kredit merupakan sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri.
Koperasi kredit ini mempunyai tiga prinsip utama, yaitu:
1.   asas swadaya (tabungan hanya diperoleh dari          
     anggotanya)
2.   asas setia kawan (pinjaman hanya diberikan kepada 
     anggota), dan
3.   asas pendidikan dan penyadaran (membangun watak 
adalah yang utama; hanya yang berwatak baik yang dapat diberi pinjaman).

Sejarah Koperasi Kredit bisa kalian baca pada halaman berikut ini.

Pada dasarnya Koperasi Kredit atau Credit Union bertujuan sama dengan koperasi-koperasi lainnya. Yaitu selalu berusaha agar dapat menyejahterakan anggotanya. Koperasi ini mempuyai sumber dana yang juga diperoleh dari para anggotanya, semua yang berasal dari anggota akan kembali pula kepada anggota.

Dalam setiap pembangunan koperasi, memang sangat dibutuhkan rasa kepercayaan serta rasa kebersamaan atau gotong royong, sehingga pembangunan koperasi bisa dapat berjalan dengan baik serta dapat berkembang.


 

(c)2009 Student's Blog. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger